Bencana Longsor Cisewu, 3 KK di Evakuasi dan 1 warung Hanyut

0
95

Rudi Herdiana – JuggalaNews.

Garut – Tingginya curah di Kab. Garut, terutama bagian selatan, menyebabkan beberapa tebing longsor. Bahkan, terjadi pergeseran tanah di Kec. Cisewu dan tanah amblas di. Kec. Cisompet. Dalam kejadian tersebyt, tidak menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan data yang masuk JuggalaNews, (04/12) bahwa hari ini terjadi jalan ambles dua lubang di Kp. Cipicung Rt 04/08 Desa Depok Kec. Cisompet. Eksesnya, jalur antara Pamengpek menuju  Garut untuk mobik tidak dapat lewat.

Sejalan hal tersebut, bagi warga yang hendak menuju Garut Pemungpek atau sebaliknya, disarankan lewan jalan lain. Jalur yang diarahkan, adalah lewat jalur  Bungbulang, baik dari Garut maupun dari Pamengpek.

Sebelumnya, Senin (03/12) di Kec. Cisewu terjadi tanah longsor dan pergeseran tanah. Kejadian diperkiraan pukul 15.00 saat intensitas hujan tinggi. Akibat becana itu, selain menghambat lalu lintas, juga 3 Keluarga harus dievakuasi dan 1 warung hanyut.

Rincian bencana di Kec. Cisewu, yakni tanah longsor yang menimpa jalan Propinsi sepanjang 20 meter, ketinggian 15 meter di Kp. Kersamenak Rt. 02 Rw. 05 Desa Sukajaya Kec. Cisewu. Untuk sementara kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak lewat.

Adapun upaya yang telah dilakukan oleh Muspika, yaitu menghubungi PUPR Propinsi untuk menurunkan alat berat. Selain itu, gotong royong dengan masyarakat setempat menggunakan cangkul. Atas kejadian tersebut korban jiwa maupun materiil nihil.

Selanjutnya, longsor pada pukul 16.00 WIB di Kp. Giriwangi Rt. 02 Rw. 05 Desa Sukajaya Kec.Cisewu Kab.Garut dengan ketinggian tebing Lk.50 lebar Lk.30 meter tinggi material di jalan Propinsi Lk.2 meter. Akibatnya, kendaraan roda dua dan empat tidak dapat melintas, ditambah 1 warung kelontongan milik ibu Dedeh Evi hanyut tertimpa longsor. dan Korban jiwa nihil.

Telah terjadi  longsor pada pukul 16.00 Wib di Kp.Giriwangi Rt.02 Rw.05 Desa Sukajaya Kec.Cisewu Kab.Garut dengan ketinggian tebing Lk.50 lebar Lk.30 meter tinggi material di jalan Propinsi Lk.2 meter.Akibat kejadian tersebut kendaraan roda 2 dan roda empat tidak bisa lewat, 1 warung kelontongan milik ibu Dedeh Evi hanyut tertimpa longsor.

Terakhir, terjadi pergeseran tanah akibat hujan deras di Jalan Propinsi Pangalengan Rancabuaya tepatnya di Blok Cieuncit Desa Sukajaya Kec.Cisewu Kab.Garut. Eksesnya, 3 kepala keluarga telah di evakuasi ketempat yang aman ke rumah saudaranya.
(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here