Desa Cibunar Miliki Embung Bagi Lahan Pengairan Pertanian

0
61

Wishnoe Ida Noor – JuggalaNews

Dokumentasi Dalam Pemberitaan Ini fIile Istimewa Desa Cibunar – news.juggala.co.id

Garut – Guna mengantisifasi musim kemarau yang berkepanjangan, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Desa Cibunar Kecamatan Tarogong Kidul, yaitu dengan telah dibangunnya Embung.

Hal ini sebagai antisipasi, agar petani tidak kekurangan air untuk lahan pertaniannya, sehingga diharapkan bijaksana dan memanfaatkan lahan dan air seperti pompanisasi gerakan normalisasi saluran-saluran, sehingga resiko kegagalan dalam berusaha tani sebagai kekurangan air bisa diatasi.

Terlebih, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan geofosika (BMKG), bahwa musim kemarau diperkirakan terjadi sampai bulan oktober 2019.

Mengingat, bahwa mayoritas penduduk di Desa Cibunar adalah petani selain buruh bangunan, kondisi tersebut jelas sangat membutuhkan air bagi para petani. Dengan jumlah kurang lebih 1500 KK, dari 31 RT dan 7 RW.

Tentu saja dengan kondisi tersebut, masyarakat petani di Desa Cibunar sangat membutuhkan air bagi lahan pertaniannya, agar produktifitas mereka yang sudah terkenal dengan petani padi dan berasnya yang bagus serta berkualitas tetap bisa berjalan.

Apalagi Desa Cibunar adalah salah satu desa pemasok beras berkualitas, sehingga untuk mempertahankan kualitas dan aktifitas petani tetap berjalan, telah dilakukan suatu upaya oleh Kepala Desa Cibunar, Engkos Sudrajat beserta jajarannya dengan dibangunnya Embung.

Embung tersebut adalah inovasi dari Desa Cibunar, tujuan pembangunannya guna mengantisifasi kekeringan pada saat musim kemarau panjang.

Pembangunan Embung di Desa Cibunar ini, menurut Kepala Desa, Engkos Sudrajat diwakili Sekdes, Apit Nuryusuf, S.Pd adalah salah satu upaya dan antisifasi menghadapi musim kemarau, sehingga para petani masih tetap bisa mengairi sawahnya dari Embung, Rabu (17/7) di ruang kerjanya.

“Pembangunan Embung ini juga merupakan inovasi dari Desa Cibunar, dan pencanangannya besok akan dihadiri oleh Bupati Garut, besok hari Kamis tanggal 18 Juli 2019 beserta Dinas terkait,” jelas Apit.
Pihak desa berharap dengan dibangunnya Embung ini, bisa dimanfaatkan oleh para petani dan kekeringan pada saat musim kemarau bisa diantisifasi.

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here