Dinas PUPR Garut Pantau Proyek Poros Desa

0
88

Rudi Herdiana – JuggalaNews

Sekertaris Dinas PUPR Garut, H. Jujun Juansyah. (Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Garut – Sebagian pekerjaan konstruksi pada dinas PUPR Kab. Garut telah berjalan di beberapa wilayah Garut. Oleh arena selama satu bulan terakhir, Dinas PUPR melakukan monitoring peerjaan yang dilaksanakan oleh pihak ke 3, seperti pada Kamis (08/08) ke Kec. Pamulihan.

Saat diwawancarai JuggalaNews di ruang kerjanya, Sekertaris Dinas PUPR Garut, H. Jujun Juansyah mejelaskan, bahwa kunjungan tersebut merupakan tanggung-jawab PUPR sebagai dinas yang melaksanakan pekerjaan.

Tujuannya, tambah dia, menjaga kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh pemborong di dua lokasi, yaitu jalan Girimukti-Panawa dan Linggarjati-Gunung Jampang, agar dilaksanakan dengan baik dan sesuai spek.

Kadis PUPR, H. Uu Saepudin Saat Monitoring ke Wil Kec. Pamulihan. (Foto: Istimewa – news.juggala.co.id)

“Kita melihat bagaimana kesesuaian dengan gambar rencana serta sejauh mana progres yang telah dilasanakan dari pekerjaan itu yang sudah berjalan kurang lebih 1 bulan. Kalau dilihat kemarin, progresnya cukup baik dan masih dalam on the trek dan sesuai skedul yang direncanakan,” akunya.

Adapun konstruksi pekerjaan, jelas Jujun, adalah pelebaran jalan dan pengerasan dengan telford sepanjang 2 km di masing-masing lokasi. Di mana sebelumnya lebar jalan tersebut hanya 2,5 meter, diperlebar menjadi 7 meter.

Sekdis PUPR Saat Kunjungan ke Poros desa Jalan Garumukti – Pandawa Kec. Pamulihan. (Foto: Istimewa – news.juggala.co.id)

Ruas jalan tersebut merupakan jalan pintas dengan tofografi berupa tebing dan jurang, sehingga sangat diperlukan pelebaran jalan untuk menjaga keamanan pengendara. Sementara total panjang jalan Girimukti-Panawa adalah 5 km, sedangkan Jalan Linggarjati-Gunung Jampang sepanjang 7 km.

“Memang belum maksimal karena pelebaran belum sepanjang ruas yang ada juga hanya berupa pengerasan, belum sampai pada pelaksanaan penetrasi. Namun, terpenting keamanan pengguna lebih terjaga meskipun untuk kenyamanan relatif masih kurang,” aku Jujun.

(Foto: Istimewa – news.juggala.co.id)

Manfaat proyek itu, masih kata dia, selain memperlancar akses juga dapat meningkatkan perekonomian warga antar poros desa tersebut. Selanjutnya, memangkas jarak tempuh perjalanan yang otomatis dapat menghemat waktu maupun kost transfortasi.

Peninjauan lokasi kegiatan oleh Dinas PUPR, dilaksanakan setiap minggu secara bergilir, baik Kadis, Sekdis, PPK dan Konsultan guna mengecek progras serta kualitas pekerjaan dan lainnya. “Direncanakan dalam seminggu 2 kali melaksanakan kunjungan ke lapangan. Alhamdulillah selama satu bulan terakhir sudah berjalan,” pungkasnya.
(oga)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here