Erwin Harahap, M,SC,. M.CE Sampaikan Materi Informasi Program M.CE Di Semwork Akbar IPI

0
71

Liputan Eksklusif Semwork IPI Garut

Rudi Herdiana & Lilis Yuliati, S.Pd,.M.Pd – JuggalaNews

Garut – Merupakan pemateri ke dua dalam acara seminar dan Workshop (Semwork) IPI Garut, Rabu (10/7) di Pendopo, adalah Erwin Harahap, M,SC,. M,CE. Dengan materi tentang Informasi  Program M,CE.

Moderator yang memandu acara tersebut, Evi Hasanah, S.Ant.,M.Pd., M.CE, merupakan alumnus Tekpen Pascasarjana angkatan ke-13 IPI Garut.

Dalam paparannya, Erwin Harahap  bahwa, sekarang setiap guru harus memliki sertifikasi, sertifikasi guru terbagi dua yaitu sertifikasi nasional dan sertifikasi internasional.

Tentu saja lanjutnya, semua guru ingin memiliki sertifikasi internasional. Salah satu cara bisa mengakses melalui broser, juga link yang khusus menyediakan akses untuk informasi tersebut. Dimana didalamnya terdapat beberapa visioner, visi institusi dan lainnya.

Kita telah mengalami beberapa revolusi, misalnya dari revolusi 1 ke revolusi 2, bahwa dahulu alat transformasi adalah kuda. Beralih ke revolusi produksi 2 yaitu alat transformasi menggunakan mesin/kendaraan.

 

Ketika revolusi 2 terjadi yang heboh, banyak yang hilang pekerjaan, hingga ratusan  ribu. karenakuda bergantidengan mesin.intinya akan terus terjadi terjadi resolusi.

Begitu juga dengan resolusi selanjutnya akan terus berubah menjadi lebih baik. Begitu juga dengan guru akan terjadi revolusi.

 

Sekarang kita telah memasuki resolusi industri 4.Itu merupakan tantangan bagi para guru agar lebih meningkatkan profesionalisme.

Dampak teknologi sering mengesampingkan terhadap keluarga, lebih jauhdi resolusi ke depan, tidak menutup kemungkinan pesan manusia tergantikan oleh mesin (robot) akibat kemajuan teknologi yang semakin maju.

Paling utama dampak resolusi 4, kini banyak pengguna Hp jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan,maka kita akan kalah anak.

Sekarang di Jepang sudah membuat robot yang akan menggantikan peran manusia dalam pekerjaan. Revolusi sosialicity, pertanyaannya,apakah kita sebagai guru siap menghadapi.

 

Revolusi 04 Melahirkan tranfortasi pendidikan, 3 pengakuan/cirri. Kemampuan memberikan pengajaran tidak cukup tapi harus mampu memberikan data seperti menaganalisis kemampuan/bakan anak dan lainnya.

Pengakuantentang tenaga pendidik harus lebih paham dengan teknologi, maka kita harus mampu mempersiapkan mereka di masa depan,maka kita harus sudah ahli dari anak didik.

“Pengakuan manusia, kita jangan melupakan jati diri kita sebagai manusia. Komunikasi lebih baik dengan chat,” ungkapnya.

Dalam bagian paparannya, Erwin Harahap, M,SC,. Menandaskan, bekal untuk menghadapi resolusi tersebut yaitu melalui sertifikasi.

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here