(Lipsus) Mencetak Kader Milineal Yang Kritis Dan Progresif, LAKMUD IPNU IPPNU Zona Garsel

0
96

Masrian & Rudi Herdiana – JuggalaNews

Garut – Hari ini, Minggu tepatnya tanggal 02 Desember 2018, merupakan hari terakhir dalam kegiatan Latihan Kader Muda (LAKMUD) yang telah dimulai dari tanggal 30 November sampai 2 Desember 2018, oleh Pengurus PAC IPNU IPPNU Kecamatan Singajaya,Banjarwangi dan Cihurip Kabupaten Garut.

Menurut Ketua Pelaksana, Aang Ahmad A’toillah pada JuggalaNews, bahwa kegiatan ini dari IPPNU  24 dan IPPNU 22 dengan jumlah peserta 46 orang, latihan tersebut bertempat  di Ponpes Sarongge RT/RW05/05 Desa. Cigintung Kec. Singajaya Kab. Garut.

Pelatihan  ini diikuti pengurus Pimpinan Anak Cabang dari berbagai kecamatan diantaranya Singajaya, Banjarwangi, Cihurip, Pendey, Bungbulang, Sukaresmi, Cisurupan dan Pamengpek.

 

Aang lebih lanjut menjelaskan, bahwa para nara sumber yang memberikan materi pada pelatihan tersebut terdiri dari, Ketu Syuriyah NU Banjarwangi (Tradisi dan Amaliyah NU), Ketua Tanfidziah NU Singajaya Aj. Agus ( KeAswajaan), Keindonesiaan ( Koramil), Jender ( Nyimas An an).

Selanjutnya, Menejemen Organisasi ( H. Beben), Menejemen Konflik ( Sanita), Ke-IPNU IPPNU-an ( PW IPNU -IPPNU Jawa barat), Forum Diskusi ( Alumni PC IPNU), Kepemimpinan (Alumni PC IPNU), Networking dan Lobying (PW IPNU IPPNU),Teknik Sidang (Alumni PC IPNU), Komunikasi dan kerjasama (Alumni PC IPNU).

Latar belakang pemikiran diselenggarakannya pelatihan ini sambung Aang, bahwa IPNU IPPNU, adalah wadah perjuangan putra dan putrid Nahdlatul Ulama untuk mensosialisasikan komitmen nilai-nilai kebangsaan, keislaman, keilmuan, kekaderan, dan keterpelajaran dalam upaya penggalian dan pembinaan potensi sumber daya anggota, yang senantiasa mengamalkan kerja nyata demi  tegaknya ajaran islam Ahlussunnah Waljama’ah dalam kehidupan masyarakat indonesia yang berdasarkan UUD 1945.

Tidak lepas dari UUD 1945.IPNU IPPNU haruslah menetapkan ajaran agama sebagai sumber motivasi dan inspirasi dalam memberikan makna dan arah pembangunan mansia. Ajaran islam sebagai RahmatalLil’alamin yang menyempurnakan meperbaiki nilai-nilai kemanusiaan.

Disamping itu, jugah arus menempatkan ilmu pengetahuan sebagai alat untuk mengembangkan kecerdasan anggota kader, agar senantiasa menjadi kader-kader yang memiliki komitmen terhadap ideologi, cita-cita perjuangan organisasi, bertanggung jawab dalam mengembangkan dan membentengi organisasi.

Diharapkan juga dapat membentu kpribadi yang menghayati dan mengamalkan ajaran islam alaAhlussunah Waljamaa’ah, serta memiliki komitmen terhadap ilmu pengetahuan, serta memiliki kemampuan mengembangkan organisasi kepemimpinan, kemandirian dan kepopuleran.

Organisasi IPNU IPPNU ini yang akan membawa NU akan seperti sepuluh tahun yang akan datang. Baik buruknya NU yang akandatang, terantung pada proses pengkaderan. Membentuk kepribadian dan akhla qulkarimah ,memiliki jiwa tangguh dan kritis dalam dunia modern.

Banyak hal yang akan dilakukan di IPNU IPPNU PAC Singajaya untuk mengkader dan membina parakader NU untuk masadepan. Kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif, sehingga menarik perhatian para kader. Disamping itu juga, mampu menciptakan kader NU yang memiliki jiwa intelektual serta cerdas secara IPTEK maupun IMTAQnya.Jadi, tidak hanya ajaran islam alaAhlussunnah Waljamaa’ah, namun ilmu-ilmu umum pun kita sampaikan. Sehingga memiliki daya saring yang tinggi dalam dunia modern, jelasnya.

Adapun Tema kegiatan ini adalah “ MENCETAK KADER GENERASI MILENIAL YANG KRITIS DAN PROGRESIF ”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membangun regenerasi organisasi keterpelajaran NU, yang bertanggungjawab, berkualitas dan handal, ungkap Aang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran kritis akan pentingnya berorganisasi. Menanamkan keyakinan bahwa IPNU –IPPNU merupakan pilihan organisasi yang tepat sebagai sarana perjuangan kaum pelajar masa kini. Membangun Regenerasi organisasi keterpelajaran dan kekaderan yang berkualitas, bertanggung jawab, dan memberikan wawasan tentang kemampuan dasar organisatoris.

Susunan kepanitiaannya yaitu, Aang Ahmad (Ketua). Mohamad Dagus (sekertaris) diketahui oleh PC IPNU Kabupaten Garut, Daeng Sahrul Mubarok (Ketua IPNU), dan Ketua IPPNU, Siti Rohmah.
(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here