(Liputan Khusus) Pejabat PUPR Raih Juara 2 Lomba Riset Unggulan Daerah Tahun 2018

0
113

Rudi Herdiana – JuggalaNews

Ka. UPT PUPR Saat Menerima Hadiah Dari Bupati Garut. (Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Garut – Bertepatan pada apel pagi, Senin (10/12) di Lapangan Setda Garut, Bupati Garut menyerahkan hadiah kepada 4 orang ASN dan 5 Mahasiswa peraih Lomba Riset Unggulan Daerah Tahun 2018 pada BAPPEDA Kab. Garut . Event tersebut terbagi dua kategori, yaitu kategori ASN dan Mahasiswa dengan Tema Model Kebijakan Pengembangan Produk Lokal dalam Menghadapi Pasar Global.

Potensi Pengembangan Kawasan DI. CiMaragas Kab. Garut. (Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Ketika JuggalaNews mewawancarai salah seorang peraih juara 2 kategori ASN, Edy Kuntoro selaku Kep. UPT PUPR Kec. Garut kota, dirinya mengaku tidak menyangka menjadi juara 2. Pasalnya, penyusunan laporan penelitian yang sangat terbatas waktunya, sehingga tidak bisa melakukan cek dan ricek isi dari laporan yang sebenarnya, juga sedikit tidak tersusun baik secara ilmiah dan akademis.

Anak-Anak Bersuka Ria di Wahana Water Tubing. (Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Sebenarnya, diakui Edy,motivasinya adalah ingin mengembangkan potensi yang ada di kawasan penelitian tergali karena menyimpan banyak hal, baik wisata maupun aspek pendidikan tentunya. Nantinya  diharapkan manfaat dan fungsi irigasi tersampaikan lebih luas, agar menjadi tersadarkan untuk ikut menjaga dan memelihara irigasi dan lingkungannya.

Personil UPT PUPR Kec. Garut Kota Saat Memberikan Penjelasan Kepada Penggunjung. (Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Tantangan terbesar, jelasnya pertama adalah memberikan pemahaman, pengertian serta motivasi personel UPT PUPR khususnya, untuk bersedia melakukan penataan, meskipun diluar kebiasaan kerja. Selain itu,  kondisi lapangan yang cukup berat, karena bukan bagian dari pemeliharaan irigasi.

(Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

“Hasil karya Ilmiah yang dilombakan, adalah Pengembangan Layanan Irigasi Terhadap Aspek Pendidikan dan Wisata Sebagai Basis Perencanaan Arah Pengelolaan Irigasi Di Daerah Irigasi Cimaragas Kab. Garut,” papas dia.

(Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Lomba penelitian ini sangat bagus untuk memotivasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam meningkatkan nilai kerja dengan melakukan penelitian. Tentunya, nanti dapat menghasilkan inovasi atau kreasi-kreasi baru serta melatih pola pikir yang terstruktur, baik secara akademis maupun ilmiah.

(Foto: Rudi Herdiana – news.juggala.co.id)

Harap Edy, bahwa hasil penelitian ini memberikan arahan dan membuka pengembangan lebih lanjut, karena sangat potensial untuk menjadi lokasi wisata dan pendidikan yang strategis. “Kedepannya, diharapkan menjadi penggerak ekonomi, minimal masyarakat setempat maupun warga dikawasan sekitarnya,” pungkasnya.
((Wishnoe”71)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here