Masyarakat Sukanegla Butuh Sarana Air Bersih

0
42

Rudi Herdiana – JuggalaNews

(kiri-kanan) Ka UPT PUPR Kec. Garut Kota, Edy Kuntoro dan Staf Kel. Sukanegal, Budi Budiansyah. (Foto: Rudi Herdiana -news.juggala.co.id) 

Garut – Meskipun letak perkampungan cukup berdekatan dengan mata air, namun tidak menjamin seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Hal tersebut dirasakan warga Kel. Sukanegla Kec. Garut Kota, sehingga harus antri dan bergiliran mengambil air dari bak penampung.

Dikatakan staf Kel. Sukanegla, Budi Budiansyah, bahwa karena belum tersedianya jaringan pipanisasi, warga Pasirpogor harus rela secara bergiliran mengambil air dri bak penampung. Padahal, kurang lebih berjarak 3.5 km terdapat mata air Cipanawar.

Mata air tersebut, lanjutnya, sangat dibutuhkan oleh warga Kp. Pasantren, Pasirpogor dan Kp. Sukanegla berkisar 400 KK. Namun, sekarang yang telah merasakan manfaatnya sekitar 100 KK di RW 04 RT 01 dan sebagian RT 03.

(Foto: Rudi Herdiana -news.juggala.co.id)

“Saat ini sumber air telah mengalir, tapi belum memenuhi kebutuhan seluruh warga di 3 kampung tersebut, karena fasilitas insfrastruktur berupa pipanisasi jaringannya belum masimal. Apalagi pipa dari mata air ke bak penampung hanya berukuran 1,5 inc, padahal minimalnya berukuran 2.5 inc,” jelasnya.

Adapun insfrastuktur yang dibutuhkan yaitu pipa berukuran 2,5 inc dan 1 inc, bak induk serta bak penampung dan lainnya, bahkan untuk bak penampung diperkirakan masih kekurangan 10 unit, agar dapat memenuhi kebutuhan dilingkungan masyarakat. “semoga pemkab Garut bisa lebih memprioritaskan kebutuhan warga terkait pipanisasi,” pungkasnya.
(oga)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here