Mendidik di Bulan Ramadhan

0
22

Oleh: Farhanah Fitria – Founder @komunitastemanberbagi

Aktivitas Mendidik Adik-Adik Remaja Panti Asuhan di Bulan Ramadhan. (Dok: Komuntas teman berbagi)

Bulan puasa memang sepatutnya dimaknai dengan kesempatan untuk berbagi tanpa pamrih. Bahkan, kebiasaan selama 30 hari ini sebaiknya dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. Pembiasaan berbuat baik yang didukung dengan nilai spiritualitas semakin mengkokohkan kekuatan bulan penuh rahmat ini.

Salah satu cara untuk mengisi waktu adalah dengan melakukan kegiatan mengajar. Tidak hanya sebatas mentrasfer pengetahuan kepada seseorang, tetapi mendorong dia untuk tumbuh menjadi manusia yang lebih bermakna.

Edisi Ramadhan ini, kegiatan mendidik menjadi penuh keseruan. Tantangan dari sisi pendidik maupun peserta didik kerap kali hadir. Hal yang paling kentara adalah perihal menyisipkan penanaman nilai ketuhanan di setiap pembelajaran.

Anak-anak memang harus dibiasakan untuk menangkap sesuatu yang berguna, bahkan bernilai bagi kehidupan sepanjang harinya. Prinsip ketuhanan ini memang begitu beragam. Bahkan, tidak perlu susah payah menjejali dengan konten eksplisit. Bisa juga, melalui hal-hal sederhana seperti bagaimana menghargai teman dan memulai belajar dengan saling mendoakan satu sama lain.

Kadang kala, kita lupa ada nilai-nilai sederhana yang justru semakin mendekatkan dengan Tuhan. Sebut saja, kasih sayang dengan diri sendiri. Kemampuan bersyukur melahirkan rasa haru atas keberadaan Tuhan, Sang Maha Penyayang.

Tidak hanya itu, mendidik mereka juga bukti bahwa kita sedang mengingat diri sendiri. Sebagai bagian dari refleksi diri, sudah sampai sejauh mana kita memahami pemberian Tuhan. Maka, di bulan penuh kedamaian ini, kita mampu untuk tumbuh sebagai manusia yang sadar akan alam semesta serta penciptanya. Siapa kira bahwa aktivitas ini mampu menghubungkan pendidik, anak-anak, bahkan keduanya kepada sebuah pengalaman bahagia dan penuh makna.

Religious beliefs relate to happy meaningful experience (Keyakinan religius berhubungan dengan pengalaman bermakna yang membahagiakan). Bukan hanya tentang Tuhannya, tetapi bagaimana Tuhan mampu hadir bersama hati kita dan menuntun kepada jalan yang paling terbaik.

Selamat mendidik di Bulan Ramadhan, percayalah dimana ada kebaikan disitu ada keberkahan.
(oga)

CV Penulis:

Nama: Farhanah Fitria Mustari
Pendidikan: S1 – Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

Karir:

Inisiator Teman Berbagi (Komunitas Sosial), 2018-sekarang.
Penulis Buku “Kamu adalah Doa Diam-Diam”, Paparin Book, 2018.
Link: @temanberbagi_id

Artikel lainnya: http://news.juggala.co.id/perempuan-mampu-dan-berdaya-selamat-hari-kartini/

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here