Peningkatan Kafasitas Poktan, BPP Kec. Banjarwangi Gelar Rembug Tani

0
27

Masrian, S.Pd.I – JuggalaNews

Nara Sumber dalam Kegiatan Rembug Tani BPP Kec Banjarwangi. (Foto: Masrian, S.Pd.I – news.juggalaco.id)

Garut  – Mata pencaharian masyarakat Kab. Garut, sebagian besar sebagai petani karena di dukung dengan sumber daya alamnya. Guna menggali potensi tersebut, sekaligus pemberdayaan petani, BPP Kec. Banjarwangi (22/04) menggelar rembug tani.

Kegiatan tersebut, merupakan program tahunan dalam rangka menggali potensi wilayah untuk membahas masalah yang dihadapi petani dalam pengembangan usahanya. Selain itu, sebagai bahan penyusunan program guna meningkatkan kapasitas poktan (kelompok tani) dalam Musrenbangdes untuk tahun depan.

Rembug tani adalah salahsatu metode penyuluhan pertanian yang didalammnya berkenaan dengan penggalian potensi wilayah, pemberdayaan bagi petani untuk mengidentifiksi masalah dan kebutuhan usaha tani. Selanjutnya, mendewasakan dan melatih kepemimpinan bagi petani, dimana petani mampu menyusun program.

Sesi Diskusi Rembug Tani sebagai Penggalian Potensi. (Foto: Masrian, S.Pd.I – news.juggalaco.id)

Fungsional Penyuluh Kabupaten Garut, Apip Sukirman,SP.MP kepada JuggalaNews menuturkan, bahwa tujuan Rembug Tani yakni dengan adanya kesepakatan-kesepakatan yang di rembugkan (musyawarahkan) , terkait usaha tani terlebih bisa teridentifikasinya aspirasi petani secara langsung.

Peserta yang ikut, lanjut Apip, sebanyak 20 peserta sebagai perwakilan setiap Poktan yang ada di Kecamatan Banjarwangi. Bertindak selaku narasumber dari Dinas Pertanian, yaitu Fungsional Penyuluh Kabupaten Garut  yaitu Bapak Apip Sukirman,SP.MP dan Bapak Tiar Tediar, SP.MP.

“Melalui kegiatan Rembug Tani ini, diharapkan Tupoksi Poktan bisa meningkat sehingga dapat menyusun program yang relevan sesuai dengan potensi wilayahnya dan juga dapat  mengevaluasi hasil usaha tani Poktan secara mandiri,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilasanakan simulasi kepada Poktan dengan mengisi form quisioner yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan dibantu bimbingan dari petugas PPL BPP Kecamatan Banjarwangi.

Selanjutnya, di akhir simulasi, setiap kelompok mempresentasikan hasil simulasi seperti membahas identitas pokta, masalah dan kebutuhan poktan dalam menjalankan usaha tani juga kesepakatan hasil penggalian potensi serta analisa usaha tani.
(oga)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here