Persefsi Neng Siti Solihah,S.Pd Pada Dunia Pendikan, IPI Dan Para Guru

0
111

Wawancara Eksklusif Juggala

Lilis Yuliati, S.Pd.,M.Pd – JuggalaNews

Seluruh Dokumentasi Dalam Pemberitaan Ini Adalah Istimewa Dok Nengnong& JuggalaNews file – news.juggala.co.id

Garut – Kali ini, Kamis (11/7) JuggalaNews melakukan wawancara eksklusif dengan salah seorang mahasiswi, dan kemarin di kepanitiaan dalam acara Seminar dan Workshop Akbar IPI, kinerjanya, kebersamaan, keuletan, pola piker dan eksistensi lainnya terkait krediblenya menjadi sorotan redaksi JuggalaNews.

Mahasiswi tersebut adalah Neng Siti Solihah,S.Pd dan kerap disapa Nengnong. Gadis kelahiran Garut, 13 November 1997 putri dari H. Rahmat dan Ibu Imas ini, kini tengah melanjutkan pendidikannya di IPI Garut program studi Tekpen angkatan ke-15 semester 2. Tinggal di Perumahan Cassanova Blok D no 15, Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler Garut.

Berikut ini, petikan wawancawa eksklusif JugalaNews dengan Nengnong,

Sebagai generasi muda yang mengedepankan Pendidikan, apa pandangan Neng, tentang Pendidikan di Indonesia?

Menurutnya, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan diri kita sendiri dan masyarakat.

“Begitupun dengan diri pribadi saya, bahwasannya ketika dalam proses pendidikan ini untuk mengiplementasikan dari pendidikan tersebut dengan adanya kerja keras untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, agar sesuai dengan tujuan dan harapan kita. Karena, ingin sukses itu bekerja keras,” tandasnya.

Ketika disinggung hal apa yang paling prinsifil dalam kehidupannya, Nengnong menjawab bahwa, dirinya  selalu berprinsip, ketika oranglain memberikan kepercayaan kepada diri kita, maka kita harus menjaga kepercayaan tersebut, agar menjadi sesuatu yang berharga dan menjadi suatu penghargaan. “Karena pengalaman, adalah ilmu bagiku,” ujarnya.

Apa dan bagaimana apresiasi serta tanggapannya, ketika Nengnong dilibatkan dalam kegiatan Semwork akbar di Pendopo (10/7) yang di arahan Oleh Prof. Deni Darmawan?

Saya merasa berharga, ketika diberi kepercayaan oleh prof. Dr. Deni Darmawan, M.Pd,MCE sebagai Ketua Harian Dalam Acara Seminar Akabar Tersebut, karena ketika diberi kepercayaan oleh orang lain, apalagi dipercaya oleh seorang Profesor yang sangat luar biasa.

“Itu bagi saya, sangat berharga bisa melakukan dan melaksanakan apa yang kita bisa dan mengimplemetasikan ilmu-ilmu yang dimiliki diri saya pribadi. Selain itu saya, dapat ilmu baru yang memang beliau selalu berkomunikasi dengan saya pribadi dan apa yang saya tidak tahu beliau beritahu,” aku Nengnong.

Nengnong memberikan apresiasinya pada IPI Garut dan para peserta Semwork yaitu para guru.

Untuk INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA

“Saya banyak berharap untuk kampus tercinta, dengan adanya metamorposis dari STKIP menjadi IPI, itu sudah merupakan perubahan dan peningkatan yang baik. Maka saya yakini, bahwa kampus tercinta saya, akan lebih maju dan lebih baik dari sekolah perguruan tinggi khususnya yang ada di jawa barat,” jelasnya.

Apresianya untuk peserta dan para Guru,

Bagi peserta seminar, saya sangat berapresiasi pada mereka yang telah meluangkan waktunya untuk menambah ilmu dengan memghadiri acara seminar tersebut.

Banyak perserta seminar ini, bukan saja dari Garut Kota, tetapi banyak yang mengikuti dari Garut Timur dan Selatan. Semoga apa yang sudah kita sajikan dalam acara tersebut, dapat bermanfaat bagi semua peserta. Bagi guru.

“Bagiku, guruku sampai kapanpun tetap guru, meskipun kita lebih tinggi dari guru, tetapi  kita jangan sampai tidak menghormatinnya, karena guru adalah sosok yang luar biasa, pengorbanan untuk mendidik penerus bangsa,” ungkap Nengnong.

Diakhir obrolannya dengan JuggalaNews, dirinya berharap, semoga kita sebagai pendidik ini, bisa menjalankan dengan baik, ikhlas untuk penerus bangsa, agar bangsa kita indonesia bisa maju dan sejahtera.

“Semoga acara Semwork selanjutnya, baik di Pameungpeuk, Malangbong dan Kampus IPI Garut, bisa dilaksanakan dengan baik dan animo peserta kian bagus serta tetap konsisten pada kemajuan dunia pendidikan terutama menghadapi era revolusi industri 4.0,’ pungkasnya

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here