Prof. Dinn Wahyudin, MA Sampaikan Materi PPG Di Semwork Akbar IPI

0
35

Liputan Eksklusif Semwork IPI Garut

Lilis Yuliati, S.Pd,.M.Pd – JuggalaNews

Seluruh Dokumen Dalam Pemberitaan ini Oleh Wishnoe Ida Noor, Lilis Yuliati7 Rudi Herdiana – news.juggala.co.id

Garut– Antusias seluruh peserta seminar dan workshop (Semwork) yang diselenggarakan di gedung Pendopo, Rabu (10/7), kian tak terbendung ketika memasuki acara inti.

Petugas berikutnya yaitu  Yuni Fatimatizzahro,S.Pd. Alumnus UPI selaku moderator yang memandu pemateri pertama yang disampaikan oleh Prof. Dinn Wahyudin, MA. Materi yang disampaikannya yaitu informasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Indonesia.

Dalam pemaparannya nan santun, Prof. Dinn Wahyudin, MA menjelaskan, seiring perkembangan jaman menuntut prfosional seorang guru, sehingga pada tahun 1990 an sesuai peraturan bahwa seorang gguru harus S1 dan bagi yang belum harus mengikuti penyetaraan.

“Sekarang seoranng guru harus memiliki lebih professional lagi, maka harus memiliki sertifikasi profesi,” jelasnya.

Standar Pendidikan Guru lanjut Prof. Dinn, bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Pasal 8 UU 14/2005 tentang Guru & Dosen.

Kualifikasi akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. Kompetensi meliputi  pedagogik,  kepribadian,  sosial, dan  profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi semua, hal itu diatur dalam UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Setiap orang yang memperoleh sertifikat pendidik memiliki kesempatan yang sama untuk diangkat sbg guru pada satuan pendidikan tertentu. Pasal 12 UU14/2005 Guru & Dosen.

Dalam materi yang tergmbar melalui infokus, tertulis bahwa landasan hukum terkait Pendidikan Profesi Guru (PPG) berdasarkan UU No.20 tahun 2003. UU No 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Perpres No 8 tahun 2012 tentang KKNI.  Permenristekdikti no 44/2015 tentang SNPT, dan Permenristekdikti no 55/2017 tentang SPG.

Prof. Dinn mengkomunikasikan materi di hadapan peserta seminar dan workshop dengan paparan yang komunikatif, sehingga ketika memasuki seasion tanya jawab, peserta bertanya kritis dan berbobot.

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here