Situ Bagendit Menjadi Pasar Wisata Digital

0
81

Hartono & Wishnoe Ida Noor – JuggalaNews

Garut – Suasana Situ Bagendit, hari Jum’at (09/8) lain dari biasanya. Dari mulai lahan parkir berjubel kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat, baik yang berplat nomor Garut maupun dari luar wilayah Kabupaten Garut.

Sayup-sayup terdengar suara hiburan dan ketika Bupati Garut tiba di lokasi beserta rombongan, pembawa acara Mbak Lusi yang senantiasa eksis memandu acara dalam setiap kegiatan Komisi X DPR RI, Ferdiansyah mulai memeriahkan suasana dengan suara khasnya dan gaya bicaranya yang komunikatif.

Tampilan berbagai seni dari mulai rampak gendang, pencak silat, vikal group yang dibawakan oleh anak-anak berkebutuhan khusus dari yayasan Sabilulungan, sangat memukau seluruh tamu undangan yang hadir dan warga masyarakat yang turut menyaksikan acara pasar wisata digital Situ Bagendit.

Sementara di lokasi panggung di gelar, berjajar kuliner khas Garut,dari mulai Goyobod, Burayot, Awug dan kuliner lainnya yang dibeli dengan alat tukar berbentuk koin, sesuai dengan nama kegiatannya pasar wisata digital Situ Bagendit.

Acara pasar wisata digital Situ Bagendit diselenggarakan di Objek Wisata Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, di kawasan KH. Hasan Arif.Acara tersebut di hadiri oleh Bupati Garut,Kementerian Pariwisata yang diwakili oleh Dr. Wawan Gunawan, Komisi X DPR RI dari Golkar, Ferdiansyah,Kepala Dinas Pariwisata, Budi Gan Gan, unsure Forkopim Kecamatan Banyuresmi, tokoh agama, penggiat seni, para mahasiswa, peserta didik tingkat SD, dan tamu undangan lainnya.

Budi Gan Gan selaku Kadisparbud Kabupaten Garut, dalam laporannya selaku Ketua Panitia penyelenggara mengatakan, bahwa pasar wisata digital ini merupakan kegiatan awal dan dilaksanakan di Situ Bagendit.

Budi Gan Gan, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Garut – news.juggala.co.id

Setelah itu, lanjutnya akan melaksanakan kegiatan yang sama di destinasi Dayeuhmanggung, dan Candi Cangkuang sebagai kegiatan ke tiga yang akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

Sementara Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa tema dari pasar wisata digital ini yaitu berburu oksigen di destinasi wisata dan hal ini sebenarnya sudah tercantum dalam RTRW daam hal wisata.

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan – news.juggala.co.id)

“Dengan destinasi wisata lebih dari 400 tempat, pihaknya merasa optimis bahwa Garut akan lebih terkenal lagi di seluruh dunia.

Bupati juga mengupas terkait anggaran untuk pengembangan beberapa objek wisata melalui APBD, mencapai 15 miliar yang dipersiapkan Pemkab Garut guna mempersiapkan pembangunan tempat objek wisata.

Pada acara tersebut ditengah sambutannya, Bupati sempat melontarkan pertanyaan yang ditujukan pada peserta didik SD menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

“Kepada Kepala UPT Pendidikan Rudy menghimbau agar anak-anak didik di kasih tahu tentang destinasi-destinasi wisata. Kalau perlu Pak Ferdiansyah menyumbang gambar-gambar destinasi wisata,akan saya simpan di kelas masing-masing,” harapnya.

Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Ferdiansyah – news.juggala.co.id

Sedangkan sambutan dari Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Ferdiansyah , bahwa dalam rangka memajukan destinasi yang ada di Kabupaten Garut, melalui pasar wisata digital.

Menurutnya, kementerian pariwisata terus menerus selama 3 kali dalam rangkaian  kegiatan yang memberikan bonus dan gebyar pada kabupaten Garut, dan ini bisa dikatakan jarang terjadi.

Hal ini menjadi konsen kami sebagai anggota DPR RI daerah Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik dan Kota Tasikmalaya. Bahwa tidak bisa dipungkiri era digitalisasi menjadi bagian yang terpenting dalam kontek memasarkan destinasi melalui digital. Besar harapan kami dukungan dari masyarakat pemerintah Kabupaten Garut melalui pariwisata berbasis budaya.

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here