TPU Bojongsalam Di Serbu Peziarah Di Hari Idul Fitri

0
30

Liputan Eksklusif

Seluruh Dokumen Dalam Pemberitaan Ini Oleh: H. Kusnadi – news.juggala.co.id

H.Kusnadi – JuggalaNews

Garu – Lebaran telah tiba, seluruh umat Muslim merayakannya dengan penuh suka cita. Jalinan silaturrahmi kian erat, setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, handai taulan dan kerabat saling berkunjugn satu sama lain.

Tradisi mudik saat lebaran terus berlanjut sampai zaman now, dan yang tak bisa lepas di nuansa Iul Fitri, adalah berziarah kep pemakanan. Pantauan JuggalaNews, hampir di seiap pemakaman, dipenuhi oleh para pengunjung untuk mendoakannya keluarganya yang telah meninggal dunia.

Seperti halnya liputan Juggala di Kecamatan Kadungora, sejumlah peziarah yang datang ke taman pemakaman umum (TPU) Kp. Bojongsalam, Rabu (05/6/2019).

Ziarah kubur, bagi umat muslim menjadi tradisi yang dilakukan setiap bulan suci Ramadhan sampai dengan hari raya lebaran Idul Fitri.

Di awal bulan Ramadhan serta beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk ziarah kubur, mengunjungi makam orang tua atau sanak saudaranya.

Hal ini biasa dilakukan berbarengan dengan saat mudik. Sehingga, seseorang bukan hanya pulang kampung dan bersilaturahim dengan sanak saudara tapi juga mengenang anggota keluarga yang telah tiada.

Bahkan, mungkin ziarah juga dilakukan sambil napak tilas berkeliling tempat-tempat yang menyimpan kenangan masa kecil.

Tradisi mengunjungi pemakaman sebenarnya tidak hanya dilakukan di Indonesia saja. Hampir seluruh kebudayaan di dunia memiliki ritual untuk menghormati leluhur yang telah meninggal, diiringi dengan pemanjatan doa.

Selain kegiatan itu, kesibukan juru parkir dadakan telah membawa berkah bagi mereka untuk mengais rezeki. Peranannya sangat membantu di dalam menertibkan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat di seputar Tempat Pemakaman Umum(TPU).

Para juru parkir sibuk mengatur kendaraan penziarah berupa motor dan mobil dan ditambah orang yang jualan disekitar TPU itu, menurut juru kunci TPU atau disebut juga kuncen, Ujang Tahri 55 Tahun, waktu dihubungi Reporter JuggalaNews, di hari lebaran yang berkujung jumlahnya mencapai 750 orang, dan mereka datang   dari berbagai kampung maupun luar kota.

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here