Tradisi membersihkan dan mengecet Masjid

0
42

H.Kusnadi – JuggalaNews

Garut – Di dalam suatu hadits di tegaskan,bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Hal itu tertanam kuat dan lekat bagi umat yang taat pada perintah-Nya.

Terlebih menjga kebersihan lingkungan pada sarana peribadatan, seperti halnya yang telah dilakukan oleh warga masyarakat di Kp. Bojongsalam Desa Karangtengah Kecamatan Kadungora, Minggu (26/05).

Meski hari Raya iedul fitri 8 hari lagi warga masyarakat RW. 04 Kp. Bojongsalam kidul Desa Karangtengah Kadungora Garut, sibuk melakukan bersih-bersih dan mengecet Masjid kebanggaan Rw.04 Masjid Al- Ikhlas.

Kebiasaan bersih-bersih dan mengecat masjid, sudah   merupakan tradisi menjelang Lebaran yang telah berlangsung turun temurun di kampung ini.

“Ini merupakan kebiasaan setahun sekali. Masjid bersih akan menambah kehusuan dalam beribadah dan terasa nyaman menghadapi hari raya,” kata Dede Koswara yang sehari-harinya dipanggil mang Oded (53), seorang warga Kp. Bojongsalam pada Juggala.

Dia mengatakan, setiap tahun  gotong-royong membersihkan dan mengecat masjid. Harapannya, saat Lebaran para tamu yang datang baik dari warga sekitar, melihat masjid yang bersih, asri dan rapi, dan hal ini menjadi kebahagiaan  “Saya mengecat khususnya bagian depan, bagian dalam walaupun masjid sederhana yang penting bersih,” ujar Dede dan Juna mengakhiri obrolannya.

(Wishnoe Ida Noor)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here