Warga Kp Pasantren Kel. Sukanegla, Gelar Do’a Bersama Untuk Leluhur

0
56

Rudi Herdiana – JuggalaNews

Kegiatan ziarah bersama warga Kp. Pasantren Kel. Sukanegla. (Foto: Istimewa – news.juggala.co.id)

Garut – Aktivitas masyarakat Kab. Garut menjelang Ramadhan, selain kuramasan untuk saling memaafkan adalah nadran atau ziarah kubur. Sehingga meskipun berada diluar kota, kerap memaksakan diri untuk pulang kampung.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan pula oleh warga Kp. Pasantren Kel. Sukanegla Kec. Garut kota, dimana ratusan orang baik orangtua dan kalangan muda, bahkan anak-anak berkumpul di Makam Kp. Pasantren.

Dikatakan DKM Mesjid Jami At-Turmudjiyah, Ustad Surya Taufi Hidayah, Minggu (05/05) bahwa acara nadran atau ziarah bersama, merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan warga. Sebelumnya pada dimulai hari Jum’at, warga melakukan kerjabakti pembersihan makam.

(Foto: Istimewa – news.juggala.co.id)

“Pelaksanaan ziarah bersama, merupakan acara puncak setelah warga melaksanakan kerjabakti untuk membersihkan makam. Bukan hanya ziarah saja, tetapi ada do’a bersama, tausyah dan diakhiri dengan musafahah (saling memaafan),” tuturnya.

Adapun tujuannya, jelas dia, agar generasi sekarang tidak lupa dengan sejarah dan silsilah keturunannya dan tidak lupa dengan jati diri serta untuk mengikat di antara semua keluarga. “Do’a bersama, yaitu mendo’akan para leluhur sebagai wujud rasa syukur,” imbuhnya.

(Foto: Istimewa – news.juggala.co.id)

Acara ziarah kubur bersama, dilaksanakan pada Minggu (05/05) setelah selesai Sholat Dzuhur yang dihadiri 115 orang, baik warga sekitar maupun dari luar kota, seperti Bandung, Jakarta, Tasik, Bekasi dan lainnya.

Sementara pimpinan/penceramahnya, adalah Aceng Musa Bin A. Maedji selaku Ketua MUI Kel. Sukanegla, sekaligus Ketua Komisi Hukum dan Fatwa MUI Kec. Garut Kota. “Dengan adanya acara ini, diharapkan keluarga dan masyarakat semakin rukun,” harapnya.
(oga)

Ikuti Kami
Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here